Kisah Nabi Ilyasa as Dan Nabi Yunus as

Sabtu, 16 April 2016 0 komentar
Disini saya akan menceritakan sedikit kisah tentang Nabi kita. Khususnya Nabi Ilyasa as dan Nabi Yunus as.

Nabi Ilyasa as

Nabi Ilyasa as adalah Nabi dari kalangan Bani Israil dari garis keturunan yang sama dengan Nabi Musa as Nabi Harun as serta Nabi Ilyas as. saat Nabi Ilyas as dikejar-kejar kaumnya dan bersembunyi di rumah Ilyasa. Ketika Nabi Ilyas bersembunyi di rumahnya, Ilyasa masih seorang belia. Saat itu ia tengah menderita penyakit dan Nabi Ilyas as membantu untuk menyembuhkan penyakitnya. 
Setelah ia sembuh, Nabi Ilyasa as pun menjadi sahabat Ilyas as yang selalu mengikutinya untuk menyeru ke jalan yang benar. Pada kalangan itulah Ilyasa as tak pernah lelah dalam menyeru kaumnya ke jalan yang benar. mereka tetap tak mau mendengar seruan Ilyasa as, dan mereka kembali menanggung bencana kekeringan yang luar biasa.
Setelah wafatnya Nabi Ilyas as, Maka dakwah dilanjutkan oleh Nabi Ilyasa as. Nabi Ilyasa menghadapi sikap penyangkalan Raja dan Ratu Israel terhadap agama sepeninggal Nabi Ilyas as.  Akan tetapi Nabi Ilyasa mempunyai sifat yang sabar yang luar biasa. Nabi Ilyasa as tetap berdakwah dijalan Allah SWT. Siang malam Nabi Ilyasa as berdakwah. Pada masa hidup Nabi lIyasa AS, umat Bani Israil hidup aman dan makmur, karena mereka adalah orang-orang yang taat kepada ajaran Allah SWT yang disampaikan oleh Beliau. Akan tetapi setelah wafatnya Nabi Ilyasa as mereka, masyarakat Bani Israel kembali kejalan sesat lagi.

Kisah Unik Nabi Ilyasa as
pada saat segolongan Bani Israel membunuh seseorang dan dikuburkan di kuburan Nabi Ilyasa as, tiba-tiba saja mereka dikejutkan dengan rombongan orang. Saat itu juga mereka melemparkan mayat itu dan tubuhnya mengenai tulang belulang Nabi Ilyasa as. Maka saat itu juga Allah SWT menghidupkan kembali mayat tersebut. *Subhanallah..

Nabi Yunus as
 

Nabi Yunus diangkat dan diutus Allah untuk menegakkan keadilan dan mengajak pada jalan kebenaran setelah berumur 33 tahun. Siang malam nabi Yunus melakukan dakwahnya. Seperti kaum kafir terdahulu, maka kaum ini tidak percaya dengan siksaan yang didatangkan Allah. Lalu Nabi Yunus berdakwah dengan cara sedikit mengancam.
 Setelah tiga tahun beliau menjadi Nabi, orang yang beriman kepada Allah hanya dua orang saja yaitu Rubil dan Tanukh.  Tetapi Nabi Yunus as tetap berdakwah dijalan Allah. setelah 37 hari ia berdakwah dan umatnya tetap saja kufur, maka pada malam ke 40 harinya, turunlah adzab Allah berupa awan hitam yang bergumpal-gumpal ditepi langit. Pada saat merek a mencari Nabi Yunus as,tetapi sayangnya mereka tidak menemukan Nabi Yunus as.
Nabi Yunus as pergi menggunakan kapal dengan puluhan orang-orang. Nabi Yunus as hanya menumpang di kapal milik orang banyak itu. tiba-tiba ditengah pelayaran, datanglah angin topan yang hampir menenggelamkan kapalnya. Kapal itu diombang-ambingkan oleh ombak, kesana kemari kapal itu terguncang ombak. Maka tidak berfikir panjang Nabi Yunus terjun ke laut, ditelan gelombang besar yang hebat itu, kemudian ditelan ikan paus yang besar.
 Didalam Perut  ikan Paus Nabi Yunus as berdo’a Kepada Allah SWT. kemudian Allah SWT mengabulkan do’a Nabi Yunus as. Nabi Yunus keluar dari ikan Paus dengan kondisi yang mengenaskan. Lalu dengan gontai Nabi Yunus as berjalan ke desa kaumnya yang terdahulu,yaitu kaum Niwana. Kaum Niwana menyambut kedatangan nabinya dengan penuh suka cita. Mereka menceritakan bagaimana azab itu hendak ditimpakan kepadanya. Dan semenjak itulah kaum Niwana beriman kepada Allah. 

kisah Nabi Yunus ini juga Unik karena Nabi Yunus as mampu hidup didalam perut ikan paus. dan karena perolongan Allah SWT Nabi Yunus mampu hidup sampai beliau keluar dari perut ikan paus. * Subhanallah..

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Catatan dy | TNB